Database BNSP
Jumlah LSP909
Jumlah Skema6,566
Jumlah TUK3,929
Jumlah Asesor14,026
Pemegang Sertifikat365,562
Note : Data masih dalam tahap import ke dalam sistem

Sosialisasi Sertifikasi Higiene Sanitasi Pangan dan Sertifikasi Kompetensi di DKI Jakarta

02 April 2017 / admin / 1,766 hits


Lembaga Sertifikasi Profesi Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan (LSP JMKP) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta (Dinkes Prov.DKI Jakarta), Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Menteng, Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia (APKEPI), dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan sosialisasi sertifikasi laik sehat dan sertifikasi kompetensi kerja bidang keamanan pangan untuk pelaku usaha Restoran dan Rumah Makan. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan secara roadshow dengan melibatkan manajemen/pengelola pusat perbelanjaan atau Mall.

 Pada tanggal 29 Maret 2017, sosialisasi dilaksanakan bagi seluruh tenant Mall Grand Indonesia yang dihadiri hampir 200 peserta yang terbagi menjadi 2 (dua) sesi sosialisasi. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari PTSP Kecamatan Menteng, yang bertujuan untuk memfasilitasi pelaku usaha memperoleh akses informasi pengurusan sertifikasi laik sehat secara langsung dalam rangka perolehan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Kepala PTSP Kecamatan Menteng, dr. Mindo Roma Uli mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen pelayanan prima Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dijelaskan pula bahwa PTSP Kecamatan Menteng berencana akan menghadirkan mobile outlet PTSP di Mall untuk menjadi point center penyampaian informasi perizinan di DKI Jakarta.

 Narasumber Dinas Kesehatan,dr. Dicky Alsadiq, menyampaikan bahwa pada tahun 2017 akan diterbitkan Peraturan Gubernur tentang Ketahanan Pangan yang akan menjadi landasan pelaksanaan program keamanan pangan di DKI Jakarta. Dinas Kesehatan saat ini sedang melakukan kajian terhadap wacana pelaksanaan registrasi Tenaga Penjamah Makanan dan pemberian penghargaan kepada Pelaku Usaha Jasa Makanan yang melaksanakan higiene sanitasi secara konsisten dan komprehensif. Upaya registrasi dan penghargaan kepada Pelaku Usaha Jasa Makanan tersebut nantinya akan memanfaatkan hasil sertifikasi kompetensi kerja yang dilaksanakan oleh LSP terlisensi BNSP.

 Sertifikasi kompetensi kerja bidang keamanan pangan saat ini dilaksanakan oleh LSP BPOM dan LSP JMKP.   Kepala LSP JMKP, Virginanty Djuanda mengatakan bahwa sertifikasi kompetensi kerja bidang keamanan pangan akan memperkuat upaya penjaminan keamanan pangan yang biasanya dilakukan melalui penjaminan sistem dan produk. Saat ini, telah tersedia layanan sertifikasi bagi Pengelola/Manajer; Inspektur; dan Tenaga Penjamah Makanan di bidang higiene sanitasi pangan. Hingga saat ini 4553 Penjamah Makanan telah tersertifikasi sebagai personel yang memiliki kompetensi menangani makanan secara aman.

 Pelaksanaan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan upaya penyediaan makanan yang aman melalui penjaminan sistem (sertifikasi laik sehat), produk (pengujian produk), dan personel yang kompeten (sertifikasi kompetensi) di bidang keamanan pangan.


Bagikan Artikel ini ! Facebook Google LinkedIn Pinterest Twitter